Manado  

Putra Terbaik Sulut, Simon Mantiri Resmi Jabat Komisaris Utama Pertamina Gantikan Ahok

UpdateSulut.com – Kementerian BUMN, sebagai pemegang saham utama PT Pertamina (Persero), telah resmi menunjuk Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Penetapan ini diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2023 yang diselenggarakan pada hari ini, Senin (10/6/2024).

Pengisian posisi ini dilakukan menyusul pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama, yang sebelumnya memegang jabatan tersebut. Ahok, sapaan akrab Basuki, mundur dari posisinya sebagai Komisaris Utama Pertamina pada 2 Februari 2024.

Lalu, siapa sebenarnya Simon Aloysius Mantiri?

Berdasarkan Penelusuran Sumber yang ada, Simon Aloysius Mantiri adalah salah satu Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam karier profesionalnya, informasi dari LinkedIn menyebutkan bahwa Simon Aloysius Mantiri menjabat sebagai Personal Assistant to The CEO di PT Nusantara Energy. Mantiri merupakan putra daerah dari Sulawesi Utara, tepatnya Desa Kamasi, Tomohon.

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication Pertamina, menyatakan bahwa pemegang saham telah memutuskan untuk mengangkat Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina dan menunjuk Condro Kirono sebagai Komisaris Independen.

Berikut adalah susunan lengkap Dewan Komisaris Pertamina berdasarkan hasil RUPS hari ini:

1. Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri
2. Komisaris Independen: Condro Kirono
3. Komisaris: Heru Pambudi
4. Komisaris: Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han)
5. Komisaris Independen: Alexander Lay
6. Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
7. Komisaris Independen: Iggi H. Achsien

Dengan penunjukan ini, Pertamina diharapkan dapat terus memperkuat kepemimpinannya dan mencapai kinerja yang lebih baik di masa mendatang (**/AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *