Manado  

Musim Penghujan, Begini Tips Aman Pengereman Saat Jalan Basah Ala Yamaha Manado

UpdateSulut.com,MANADO – Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan beberapa hal, terutama dalam hal teknik pengereman agar motor tetap terkendali dan tidak tergelincir di jalan yang basah.

Menurut Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saat musim hujan dan jalan menjadi basah traksi roda atau ban otomatis akan berkurang.

“Jadi bagi pengendara bisa untuk mengontrol kecepatan agar lebih aman, saat kondisi hujan membutuhkan jarak yang lebih panjang saat melakukan pengereman, berbeda dengan jalan yang tidak basah,” katanya, saat dihubungi media, Senin, 27 November.

Nah, berikut beberapa tips penting untuk mengatasi tantangan berkendara di musim hujan.

1. Kontrol Kecepatan untuk Keamanan

Saat jalan basah, traksi roda atau ban motor otomatis berkurang. Untuk menjaga keamanan, pengendara disarankan untuk mengontrol kecepatan. Pada kondisi hujan, diperlukan jarak pengereman yang lebih panjang dibandingkan dengan kondisi jalan kering. Hal ini penting untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi.

2. Hindari Pengereman Mendadak

Muhamad Arief menekankan pentingnya menghindari pengereman mendadak atau hard braking selama musim hujan. Pengereman mendadak dapat menyebabkan ban selip, meningkatkan risiko kecelakaan. Sebaliknya, disarankan untuk melakukan pengereman secara halus agar kendaraan tetap terkendali.

3. Waspadai Pengereman Saat Menikung

Saat berkendara di jalan basah dan melakukan tikungan, sebaiknya hindari pengereman. Pengereman saat menikung pada jalan basah dapat meningkatkan risiko kehilangan kendali. Jika pengereman memang diperlukan, lakukan dengan cara yang halus agar tetap dapat mengendalikan motor dengan baik.

“Kalau menikung itu disarankan kalau bisa tidak melakukan pengereman atau tutup gas, kalau memang terpaksa bisa mengerem dengan cara yang halus,” paparnya.

4. Perhatikan Jarak dengan Kendaraan di Depan

Penting untuk selalu memperhatikan jarak dengan kendaraan di depan. Hal ini memungkinkan reaksi yang cukup waktu terhadap perubahan kondisi di jalan. Pengereman yang halus dan menjaga jarak aman dapat mengurangi risiko kecelakaan

Nah, dengan menerapkan teknik pengereman yang tepat, pengendara sepeda motor dapat menjalani perjalanan dengan aman dan nyaman, meskipun musim hujan membuat jalan menjadi licin. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat berkendara di kondisi cuaca yang kurang bersahabat. (***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *