Buka Kegiatan Rakor Penguatan Kelembagaan, Bawaslu Sulut Beber Pentingnya Sinergitas

MANADO,UpdateSulut — Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) DR. Ardiles Mewoh secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi P<span;>enguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulut Bersama Stakeholder di Provinsi Sulut. Minggu (28/1/24) malam.

Rakor yang mengangkat sub tema Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas tersebut dihadiri oleh Kepala Sekretariat Bawasly Sulut, Aldrin A. Christian S.STP Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas serta sejumlah stakeholder.


Ketua Bawaslu Sulut DR Ardiles Mewoh dalam sambutannya mengajak semua stakeholder untuk terus membantu Bawaslu Sulut dalam melakukan fungsi pengawasan.

“Tanpa bantuan semua elemen, semua pihak, kami tak bisa melakukan pengawasan secara menyeluruh,” ungkap Ardiles

Dihadapan peserta Ardiles Mewoh juga membeberkan sejumlah penanganan pelanggaran pemilu yang sudah ditangani atau pun sedang ditangani oleh Bawaslu Sulut.

“Salah satunya soal kasus ijazah palsu dan pelanggaran administrasi parpol. Kami sudah melakukan penindakan dan menangani pelanggaran lewat Gakumdu,” terangnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Sulut selaku koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Steffen Linu dalam sambutannya menitikberatkan pada point sinergitas.

Menurut Linu, sinergitas baik dengan pemerintah daerah sangatlah penting guna menunjang tugas dan fungsi bawaslu selaku pengawas pemilu

“Bawaslu sedang konsentrasi melakukan pengawasan tahapan kampanye. Dan kami sudah melakukan pengawasan terhadap kampanye yang dilakukan parpol,” jelasnya.

Sedangkan untuk penanganan pelanggaran dikatakan Linu, sudah ada beberapa kasus pelanggaran kampanye yang ditangani Bawaslu dan Gakumdu.

“Untuk meningkatkan pengawasan kami juga sudah membuat sekolah kader pengawasan partisipatif,” tandas Linu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *